Senin, 07 Januari 2013

syarat-syarat untuk seorang pembimbing


Sayarat-syarat untuk seorang pembimbing
Supaya pembimbing dapat menjalankan pekerjaannya dengan sebaik-baiknya, maka pembimbing harus memenuhi syarat-syarat tertentu yaitu:
1.      Seorang pembbimbing harus mempunyai pengetahuan yang cukupp luas, baik dari segi teori maupun dari segi praktik. Segi teori merupakan hal yang penting karena segi inilah yang menjadi landasan didalam prraktik. Praktik tanpa teori merupakan praktik yang ngawur. Segi praktik sangatlah perlu dalam bimbingan an konseling.
2.      Dari segi psikologi, seorang pembimbing harus dapat mengambil tindakan yang bijaksana jika pembimbing telah cukup dewasa secara psikologis, yang dalam hal ini dimaksudkan sebagai adanya kemantapan atau ksetabilan di dalam psikisnya, terutama dalam hal emosi.
3.      Seorang pembimbing harus sehat jasmani dan psikisnya. Apabila jasmani dan psikis tidak sehat maka hal itu akan mengganggu dalam menjalankan tugasnya.
4.      Seorang pembimbing harus mempunyai kecintaan terhadap pekerjaannya dan juga terdapat anak dan individu yang dihadapinya.
5.      Seorang pembimbing harus mempunyai inisiatif yang baik sehingga usahabimbingan dan konseling dapat berkembang ke arah keadaan yang lebih sempurna untuk kemajuan sekolah.
6.      Karena bidang gerak dari pembimbing tidak terbatas pada sekolah saja, maka seorang pembimbing harus supel, ramah tamah, dan sopan santun di dalam segala perbuatannya sehingga pembimbing dapat bekerja sama dan memberikan bantuan secukupnya untuk kepentingan anak-anak.
7.      Seorang pembimbing diharapkan mempunyai sift-sifat yang dapat menjalankan prinsip-prinsip, serta kode etik bimbingan dan konseling sebaik-baiknya.
Daftar pustaka
Walgito, Bimo. 2010. Bimbingan dan Konseling studi dan karir. Yokyakarta. Penerbit Abdi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar