Rabu, 09 Januari 2013

Apa yang dimaksud dengan konseling karier?


Apa yang dimaksud dengan konseling karier?
Banyak orang jika diminta untuk mendevinisikan konseling karier, mungkin akan memilih sesuatu yang mirip dengan pendekatan yang diusulkan oleh Person, (dalam Robert Natha dan Linda Hiil, hal: 2).
1.      Di dalam memeilih pekerjaan yang arif, ada 3 faktor.
2.      Pemahaman yang jelas tentang diri sendiri
3.      Pengetahuan tentang syarat-syarat dan prospek diberbagai macam jalur pekerjaan
4.      Penalaran yang benar tentang hubungan antara kedua kelompok fakta ini.
Pendekatan ini didasarkan pada pengukuran, melalui testing, terhadap bakat dan minat klien yang di ikuti oleh rekomendasi oleh seorang “pakar” okupasi yang menyediakan pekerjaan yang “macht” dengan bakat dan minat yang di isyaratkan (dalam Robert Natha dan Linda Hiil, hal: 3). Untuk sejumlah alasan,  kami percaya bahwa konselor karier seharusnya tidak menerima tuntutan dan ekspetasi klien untuk mendapatkan “ nasehat tentang karier terbaik”.
Pertama, mengambil keputusan  pekarjaan yang tepat guna membutuhkan bantuan konselor yang terampil dan sensitif.
Kedua, karena “pekerjaan semur hidup” bukan lagi sebuah realitas, keterampilan mengambil keputusan seumur hidup lebih kondusif untuk tantangan yang terus-menerus untuk membuat pilihan-pihan hidup dan pekerjaan yang tepat- guna, yang semakin interdependen.
Ketiga, employer membutuhkan pendekatan yang semakin fleksibel bagi syarat-syarat mereka yang terus berubah, yang mengharapakan karyawan bertanggung  jawab untuk mengelolah pengenbangannya sendiri, yang bisa berarti menciptakan atau menerima sebuah “ peluang pengembangan” seperti penugasan dan bukan menunggu promosi. Juga semaikin diakuai bahwa individu-individu itu sendiri berkembang melalui sejumlah tahap kehidupan (Super, dalam Robert Natha dan Linda Hiil, 2012) dan berbagai perubahan di dalam kewajiban dan tanggung jawab peran mereka (Herriot, dalam Robert Natha dan Linda Hiil).
Keempat, mengambil keputusan adalah soal tanggung jawab pribadi. Sebuah pendekatan konseling memberdayakan orang-orang untuk mengambil tanggung jawab dimana merekalah “pakar” nya, bukan konselor.
DAFTAR PUSTAKA
Nathan, Robert dan Linda Hill, 2012. Konseling Karier.Yokyakarta, Pustaka Belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar